Pengertian Router

Assalamualikum Wr Wb

Morning Brother and Sister kembali lagi dengan Saya The King Angga. Waktu ini saya akan bahas tentang Router, Aku akan mau nanya ke Brother and Sister, Apa yang dimaksud dengan Router ? Apa tujuan Router ? Pasti Brother and Sister gak tau kan, Disini aku akan menjelaskan tentang Router.


Pengertian
Router : Perute atau penghala (bahasa Inggris: router) adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai penghalaan. Proses penghalaan terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari protokol tumpukan (stack protocol) tujuh-lapis OSI.

Debian : Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang popmuler dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.

Latar belakang
belajar memahami konfigurasi debian router.

Maksud dan tujuan
konfigurasi debian router sampai connect.

Perlengkapan
- OS debian
- koneksi internet
- kabel LAN
- PC (debian router)
- laptop (client)

Durasi
kurang lebih 20 menit.

Langkah pelaksanaan
1. siapkan dahulu pc dengan os debian.
2. buka terminal dan masuk sebagai super user.
3. konfigurasi network yang mengarah ke debian dan client, saya akan konfigurasi sesuai topologi di bawah ini:


ketikkan perintah :
 #nano /etc/network/interface
auto eth1
iface eth1 inet static
        address 192.168.10.216
        netmask 255.255.255.0
        network 192.168.10.0
        broadcast 192.168.10.255

        gateway 192.168.10.1

auto eth0
iface eth0 inet static
        address 192.168.80.1
        netmask 255.255.255.0
        network 192.168.80.0
        broadcast 192.168.80.255

restart network
#/etc/init.d/networking restart

4. setelah itu kita ubah ip_forward 0 menjadi 1, masukkan perintah :
 #nano /etc/sysctl.conf
hilangkan tanda " # " pada net.ipv4.ip_forward=1, jika kurang jelas lihat gambar dibawah.

5. lanjut ke konfigurasi selanjutnya yaitu pada
 #nano /etc/rc.local 
tambahkan iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth1 -j MASQUERADE

 jika sudah kalian simpan konfigurasinya, kemudia supaya rc.local jalan start rc.local  dengan perintah
 #/etc/init.d/rc.local start


6. setelah itu setting routing, masukkan perintah
#route add default gw 192.168.10.216
#route add default gw 192.168.80.1

7. langkah terakhir restart komputer kita.

untuk mengecek apakah client sudah mendapatkan internet atau belum sekarang coba kita diclient dengan setting ip dan ping ke gateway server / dns google.





cek dengan mengeping google.com atau buka browser.
disini saya akan mencoba n\dengan mengeping google.com dari cmd dan hasilnya membuat saya senang hahahaha


Sekian dari saya The King Angga semoga bermanfaat bagi Brother dan Sister semua, nunggu postingan dari saya The King Angga. Silahkan beri saran and kritik di kolom komentar ya Brother and Sister

Wassalamualikum
Previous
Next Post »
Anda Mau Menjual Barang Bekass
close
Banner iklan disini